Bercanda dengan Cerai

Tanya:

Suatu kali, istriku bercanda kalau-kalau dia akan melepaskan jilbabnya (tidak menggunakan jilbab lagi). Lalu saya bilang, kalau memang kamu mau lepas jilbab, aku akan talak III (kurang lebih seperti itu). Saat-saat ini saya sering dihantui perasaan bersalah mengenai apa yang saya ucapkan, karena jika istri saya tidak menggunakan jilbab lagi (tanpa udzur), berarti talak III akan keluar.

Saya kawatir kalau-kalau suatu saat memang akan terjadi. Apakah yang saya ucapkan tersebut sudah termasuk sumpah? Kalau ya, apakah saya bisa menggagalkan sumpah tersebut, saya takut jika saya tidak sanggup mengembannya. Apakah jika suami mengucapkan cerai, berarti cerai sudah mutlak, walaupun istri tidak setuju.
Mohon nasehatnya.

Listiyono

Jawab:

Talak meskipun dibolehkan dalam Islam, tapi talak adalah perbuatan halal yang paling dibenci Allah. Berangkat dari asumsi itu maka: jika tidak ada niat dalam hati Anda untuk mencerai istri, atau Anda mengungkapkannya karena semata-mata bercanda, maka talak tidak jatuh.

Sumpah adalah perkataan yang di dalamnya disebut kata "demi Allah", "demi Tuhan" jika tidak ada ungkapan seperti itu maka bukan termasuk sumpah. Orang yang telah bersumpah akan menceraikan istrinya, ia bisa menggagalkan sumpah tersebut dengan membayar kafarat dan tidak menceraikan sang istri. Hal ini lebih baik dari pada ia meneruskan sumpahnya menceraikan istri.

Cerai bisa dijatuhkan oleh suami dengan tanpa persetujuan istri.

Shocheh Ha.