Gambar Bangunan

Pertanyaan:

Assalamu'alaikum wr. wb.

Bapak uztad pengasuh PV yang terhormat, saya ingin menanyakan masalah yang bagi saya sangat membingungkan. Begini Pak, profesi saya adalah seorang draftman di salah satu perusahaan. Nah ada salah seorang teman saya di sini, meminta saya untuk menggambarkan bangunan sebuah gereja untuk di tempatnya. Maksud saya, ini kerjaan di luar kerjaan kantor.

Saya jadi bingung untuk menentukan pilihan saya. Di satu pihak saya memang berprofesi sebagai draftman dan itu sesuai dengan tugas saya, tapi di lain pihak saya sangat merasa keberatan untuk menerimanya karena menurut saya dengan saya menggambarkan gambar gereja buat dia, berarti secara tidak langsung saya membantu kegiatan keagamaan mereka dan itu saya jelas keberatan.

Yang ingin saya tanyakan apakah sebaiknya ditolak atau diterima permintaan teman saya itu???? Dari hasil itu saya sudah pasti dapat fee dari hasil kerja saya.

Terima kasih atas perhatiannya….

Wassalamu'alaikum wr. wb.

Eni

Jawaban:

Assalamu'alaikum wr. wb.

Kontrak seperti membangun gereja, atau drafting seperti yang Saudari lakukan, dalam tinjauan agama adalah sah dan upahnya juga sah diambil. Demikian ditegaskan oleh Kasani dalam kitab Badai Shanai 4/190. Ini karena jenis pekerjaannya adalah halal.

Namun bila kontrak tersebut berkaitan langsung dengan pekerjaan yang dilarang agama seperti menyuguhkan minuman keras atau membunyikan lonceng gereja, maka makruh mengambil upah atas pekerjaan seperti ini.

Wallahu a'lam bisshowab

Semoga membantu

Wassalamu'alaikum wr. wb.

Muhammad Niam