Konsultasi Ustadz. Silahkan Salam, perkenalkan diri (nama, umur, lokasi) dan sampaikan pertanyaan singkat padat.

Ust. M. Niam

Whatsapp: +998903559836
Ustdzh Kamilia
Ust. Arif Hidayat

Kirim Artikel

Kami menerima kiriman tulisan untuk melengkapi referensi Islam yang termuat di website ini.
Silahkan kirim ke redaksi

Asyuro Hari Keramat
Ditulis oleh Dewan Asatidz   

Hari Asyura atau Suro sering dianggap keramat. Masyarakat Jawa juga begitu, mereka mentradisikan memandikan atau mencuci pusaka pada hari Asyura ini. Konon kaum Quraish di masa jahiliyah juga begitu, mereka menjalankan tradisi mengganti kiswah atau selambu Ka'bah pada hari tersebut dan mereka juga melakukan puasa bertepatan hari itu.

 
Saatnya Kembali Berhijrah
Ditulis oleh Ghusni Darodjatun   

“Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan berhijrah serta berjihad dengan harta dan jiwanya pada jalan Allah dan orang-orang yang memberikan tempat kediaman dan pertolongan (kepada orang-orang muhajirin), mereka itu satu sama lain lindung-melindungi. Dan (terhadap) orang-orang yang beriman, tetapi belum berhijrah, maka tidak ada kewajiban sedikitpun atasmu melindungi mereka, sebelum mereka berhijrah. (Akan tetapi) jika mereka meminta pertolongan kepadamu dalam (urusan pembelaan) agama, maka kamu wajib memberikan pertolongan kecuali terhadap kaum yang telah ada perjanjian antara kamu dengan mereka. Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan. Dan orang-orang yang beriman dan berhijrah serta berjihad pada jalan Allah, dan orang-orang yang memberi tempat kediaman dan memberi pertolongan (kepada orang-orang muhajirin), mereka itulah orang-orang yang benar-benar beriman. Mereka memperoleh ampunan dan rezki (nikmat) yang mulia. Dan orang-orang yang beriman sesudah itu kemudian berhijrah serta berjihad bersamamu maka orang-orang itu termasuk golonganmu (juga). Orang-orang yang mempunyai hubungan kerabat itu sebagiannya lebih berhak terhadap sesamanya (daripada yang bukan kerabat) di dalam kitab Allah. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu”. (QS Al-Anfal: 72-75)

 
Sistem Manajemen Madrasah dan Pesantren [SIMAPES]
Ditulis oleh Dewan Asatidz   

Kami seluruh pengurus Pesantren Virtual mengucapkan Selamat Tahun Baru Hijiriyah 1436. Semoga tahun baru ini kita senantiasa mendapatkan rahmat dan tafiq dari Allah swt dan kedatangan tahun baru hijriyah kali ini akan membawa kita kepada perubahan yang lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

 
Asyura Hari Solidaritas antar Umat Beragama
Ditulis oleh Dewan Asatidz   
Bulan Muharram adalah bulan yang istimewa, menyimpan banyak makna yang patut ditafakkuri dan ditadabburi. Muharram tidak saja menandai awal tahun menurut penanggalan Islam, namun di dalamnya juga tersimpan hari mulia "Asyura" yang mencatat sejarah penting dan senantiasa dikenang dan diperingati oleh umat beragama samawi.
 
Tahun Baru, Mari Berhijrah
Ditulis oleh Ustadz Andre Gunawan, Lc   

Bulan Muharram adalah bulan pertama dalam kalender Hijriah. Bulan ini termasuk salah satu dari empat bulan haram (suci), sebagai mana yang difirmankan oleh Allah:

"Sesungguhnya bilangan bulan di sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram". (At-Taubah:36).

 
Menggabung Qurban dengan Aqiqah
Ditulis oleh Dewan Asatidz   

Menggabung Qurban dengan Aqiqah

Assalamu'alaikum. Saat anak kami lahir belum aqiqoh karena belum ada dana, lalu setelah dewasa sudah kami aqiqoh dengan niat dalam hati, kambing aqiqoh kami serahkan ke panitia kurban (Idul Adha) di masjid,

saat penyembilhan tukang penyembelih tidak menggunakan doa aqiqoh, tapi dengan doa kurban & lalu daging dibagi ke masyarakat. Pertanyaan : 
- Bolehkah aqiqoh dengan cara spt itu? 
- bagaimana hukumnya ?
Demikian prtanyaan kami, terima kasih, Mohon segera dijawab.
Wassalamu'alaikum
Aryana
 
Shalat Tahajud sebelum Tidur
Ditulis oleh Dewan Asatidz   

Assalamu'alaikum wr wb

Pak saya mau bertanya, ketika kita akan melakukan shalat tahajud, tapi tidak melakukan tidur sejenak itu hukumnya gimana? Mohon penjelasannya, saya tunggu jawabannya dari bapak.

wassalam

Henry

 
Bagaimana Mendapatkan Jawaban dari Istikharah
Ditulis oleh Dewan Asatidz   

 

Adalah tabiat manusia manakala dihadapkan pada dua pilihan atau lebih yang sangat sulit atau di luar kemampuan analisanya untuk memilih, maka ia cenderung meminta pertolongan dari kekuatan supra natural atau mencari tanda-tanda dari alam dalam menentukan pilihannya.

Ketika datang Islam, kebiasaan itu diluruskan dengan diajarkannya shalat Istikharah. Istikharah artinya meminta pilihan. Sholat istikharah adalah shalat untuk meminta pilihan kepada Allah.

 
Hukum Menjual Kucing
Ditulis oleh Dewan Asatidz   

Assalamu'alaikum wr wb

Pak Ustadz, suami saya punya hobi memelihara binatang hias seperti kucing persia, ular jenis boa (tidak berbisa), dan iguana. dan karena keterbatasan tempat dan tenaga bila kucingnya beranak setelah besar saya jual di petshop untuk membeli makanannya, begitu pula dengan ularnya masalahnya sekarang saya baru tau dari khotbah di radio bahwa menjual kucing itu hukumnya haram intinya yang saya tangkap karena kucing ini tidak membawa manfaat buat yang membeli. kemudian saya coba cari referensi di internet ternyata sama hukumnya memang haram berdasarkan sunnah Nabi. 

 
Tata Cara Pelaksanaan Salat Istikharah
Ditulis oleh Dewan Asatidz   

Tanya:
Bapak Kyai yang terhormat, Bagaimanakah tata cara pelaksanaan shalat Istikharah itu? Mohon penjelasan secara detail. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih

 
«MulaiSebelumnya12345BerikutnyaAkhir»

 


 

Sumbangkan Donasi

Alamat Donasi:
Bank Syariah Mandiri KCP Jepara
a/n: Kamilia Hamidah
(anggota Dewan Asatidz)
No Rek.:  7063550374

Catatan:
Donasi mohon dikonfirmasikan ke email donasi@pesantrenvirtual.com