Konsultasi Ustadz. Silahkan Salam, perkenalkan diri (nama, umur, lokasi) dan sampaikan pertanyaan singkat padat.

Ust. M. Niam

Whatsapp: +998903559836
Ustdzh Kamilia
Ust. Arif Hidayat

Kirim Artikel

Kami menerima kiriman tulisan untuk melengkapi referensi Islam yang termuat di website ini.
Silahkan kirim ke redaksi

Bolehkan I'tikaf di Rumah Saja
Ditulis oleh Dewan Asatidz   

Assalaualaikum wr wb. Pada bulan Ramahan ini, disunatkan untuk melakukan itikaf, Bolehkah kita melakukan itikaf di rumah, tepatnya di Musolla rumah? Apakah harus di masjid? Amalan apa saja yang harus dilakukan pada saat itikaf? Saya mendengar, katanya ada hadis yang menyatakan bahwa itikaf harus dilakukan di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Selain di tempat itu, namanya bukan itikaf sesuai yang dimaksud pada hadis tsb? Dan satu lagi, apakah benar bahwa malam Lailatul Qadar itu hanya dapat dijumpai pada saat turunnya al-Qur an saja, dan tidak ada lagi untuk masa sekarang? Wassalam Didik

 
I'tikaf bagi Wanita
Ditulis oleh Dewan Asatidz   

Pertanyaan:
Assalamualaikum wr. wb.
Pertanyaan saya:

  1. apa hukumnya itikaf bagi wanita
  2. bagaimanakah cara melaksanakannya dan kapan
  3. Apakan harus seharian berad dimasjid?
  4. Apabila sedang berhalangan di 10 hari terakhir ramadhan amalan apa yang dapat dilakukan agar kita tetap mendapat pahala ramadhan.
 
I'tikaf
Ditulis oleh Dewan Asatidz   

I'tikaf dalam pengertian bahasa berarti berdiam diri yakni tetap di atas sesuatu. Sedangkan dalam pengertian syari'ah agama, I'tikaf berarti berdiam diri di masjid sebagai ibadah yang disunahkan untuk dikerjakan di setiap waktu dan diutamakan pada bulan suci Ramadhan, dan lebih dikhususkan sepuluh hari terakhir untuk mengharapkan datangnya Lailatul Qadr.

 

 
Nuzulul Qur'an dan Lailatul Qodar
Ditulis oleh Dewan Asatidz   
 
Dzikir untuk Malam Lailatul Qadar
Ditulis oleh Dewan Asatidz   

Pada dasarnya semua jenis dzikir baik untuk diamalkan pada malam (yg kita duga sbg malam) Lailatul Qadar. Tapi yg paling banyak dilakukan dan memang diajarkan Rasul SAW adalah sbb: Allaahumma innaka 'afuwun kariim tuhibbul 'afwa fa'fu 'annaa [Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pengampun lagi Maha Mulia, Engkau menyukai ampunan, maka ampunilah kami]. Dari A'isyah r.a. "Aku pernah bertanya kepada Rasulullah, "Wahai Rasulullah, seandainya aku mengetahui malam Lailatul Qadar, apa yang yang sebaiknya aku baca?". Rasulullah bersabda bacalah : "Allahuma inni afuwun kariim tuhibbul 'afwa fa'fu'anna" (H.R. Tirmidzi)

 

 
Nuzulul Qur'an dan Lailatul Qodar
Ditulis oleh Dewan Asatidz   
Menurut yang saya pahami sesuai dengan surat al-Qodar bahwa Al-Qur'an diturunkan pada malam lailatul Qodar yang nota bene adanya pada 10 hari terakhir dari bulan Romadlon antara tanggal 20-29/30 romadlon. Padahal dalam sejarah islam yang kita ikuti sampai saat ini peringatan nuzulul qur'an pada 17 romadlon.
 
Ramadhan dan Nuzulul Qur'an
Ditulis oleh Abdul Rofi’ Afandi   

Bulan Ramadhan adalah bulan yang paling mulia bila dibandingkan dengan bulan yang lain. Karena di dalam bulan Ramadhan ada Lailatul Qadar, segala dosa umat manusia diampuni dan segala amal perbuatan kebaikan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah Swt. dan di dalam bulan Ramadlan al-Qur’an pertama kali di turunkan. Peristiwa tersebut tidak pernah ada pada selain bulan Ramadhan. Selain kitab al-Qur’an Allah juga menurunkan kitab-kitab samawi yang lain seperti kitab Taurot, Zabur dan Injil. Hanya saja hukum syariat Islam yang tertuang di dalam masing-masing kitab tersebut satu sama lain tidak sama tetapi dalam masalah ketauhidan (ketuhanan) semua kitab sama yakni sama-sama mengajarkan kepada umat manusia agar menyembah dan meng-Esa-kan Allah SWT.

 
Puasa Ramadhan Lebih dari 30 Hari?
Ditulis oleh Dewan Asatidz   
Bagaimana mungkin puasa Ramadhan lebih dari 30 hari? Dan apakah juga mungkin puasa kurang dari 29 hari? Bukankah bulan qomariyah/hijriyah itu maksimal hanya 30 hari, dan tak pernah kurang dari 29 hari?

 
Puasa Sya'ban
Ditulis oleh Dewan Asatidz   
Tanya:

Saya ingin menanyakan tentang puasa Sya'ban. Berapa harikah yang disunahkan oleh Rasulullah? Apakah baik jika kita puasa sebulan penuh? Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Indra-jkt
 
Menyambut Ramadhan dengan Amalan bulan Sya'ban
Ditulis oleh Dewan Asatidz   

Saudara-saudara seiman !!!
Mari kita sambut bulan Ramadhan yang penuh berkah mulai bulan Sya'ban ini. Kita persiapkan diri kita baik fisik dan rohani untuk bulan yang penuh karunia tersebut.

Mempersiapkan rohani kita adalah dengan mulai mempelajari hal-hal penting yang perlu kita amalkan selama bulan tersebut. Kita buka kembali pelajaran fiqhus-syiyam kita, yaitu  fikih berpuasa yang benar dan sesuai ajaran. Kita sadarkan diri dan kesadaran kita akan pentingnya bulan tersebut bagi agama dan keimanan kita.

 
«MulaiSebelumnya123456BerikutnyaAkhir»

 


 

Sumbangkan Donasi

Alamat Donasi:
Bank Syariah Mandiri KCP Jepara
a/n: Kamilia Hamidah
(anggota Dewan Asatidz)
No Rek.:  7063550374

Catatan:
Donasi mohon dikonfirmasikan ke email donasi@pesantrenvirtual.com