Konsultasi Ustadz. Silahkan Salam, perkenalkan diri (nama, umur, lokasi) dan sampaikan pertanyaan singkat padat.

Ust. M. Niam

Whatsapp: +998903559836
Ustdzh Kamilia
Ust. Arif Hidayat

Kirim Artikel

Kami menerima kiriman tulisan untuk melengkapi referensi Islam yang termuat di website ini.
Silahkan kirim ke redaksi

Puasa Sunnah Syawal
Ditulis oleh Dewan Asatidz   
Assalamualaikum wr. wb.


Pak ustadz saya ingin menanyakan tentang dalilnya puasa sunnah syawal, apa pahalanya, waktu dan berapa lamanya. terima kasih atas perhatian dan jawabannya.
Wassalamualiikum Wr. Wb.

Udin

 
Tata Cara Puasa 6 Hari di Bulan Syawal
Ditulis oleh Dewan Asatidz   

Rasulullah saw. bersabda: "Barang siapa berpuasa Ramadhan dan meneruskannya dengan puasa enam hari di bulan Syawwal, berarti dia telah berpuasa satu tahun." (HR. Imam Muslim dan Abu Dawud). Dan masih hadits yang sama dengan perawi lain. (HR. Ibn Majah).

 
Etika Merayakan Iedul Fitri
Ditulis oleh Dewan Asatidz   

Idul Fitri hari Kebahagiaan dan Kemenangan

Ied-ud-Fithr terdiri dari dua kata, yaitu ied yang artinya hari raya, dari asal kata 'ayada yg artinya kembali. Dikatakan ied karena pada hari itu Allah s.w.t mengembalikan kegembiraan dan rasa suka cita kepada hambaNya. Ada yang mengatakan  disebut ied karena pada hari itu kembalinya kebaikan-kebaikan dari Allah kepada hamba, pda hari itu seorang hamba kembali dalam keadaan suci karena telah bertaubat kepada Allah dan telah meminta maaf kepada sesamanya.

 
Shalat Iedul Fitri di Lapangan
Ditulis oleh Dewan Asatidz   
Assalamu'alaikum wr. wb. terima kasih atas jawabannya tentang qunut yang dapat membantu saya menambah pengetahuan, dan pada saat ini saya ingin bertanya keraguan yang ada pada diri saya:

1. saya waktu mendengarkan berita bahwa pada satu syawal / hari raya jatuh pada tanngal 5 desember. yang ingin saya tanyakan :

a. syarat - syarat mengadakan shalat hari raya idul fitri dan apakah hukum mengadakan perpisahan antara masjid ( mengadakan di tempat yang lain ) ?
 
mengimami sholat ied dua kali
Ditulis oleh Pondok pesantren   

Pada hari raya Idul Adlha tahun lalu terjadi perbedaan tanggal sehingga ada yang sholat Id pada hari kamis dan ada yang sholat Id pada hari Jum’at, sampai ada seorang imam yang sholat dua kali.

      Pertanyaan   :  Bagaimana hukumnya seorang imam yang sholat dua kali ?

Jawab           :  Sholat yang ke dua tidak sah, karena tidak termasuk mu’adah ataupun qodlo’.

      Ta’bir            :  Syarqowi juz I hal. 275.

في الشرقاوي مانصه : ( باب القضاء ) وهو فعل العبادة كلها او إلادون ركعة بعد وقت الاداء إستدراكا لما سبق لفعله مقتض ( والإعادة ) وهي فعل العبادة فى وقت ادائها ثانيا (قوله إستدراكا) مفعول لأجله الى ان قال وخرج بقوله استدراكا ما فعل بعد وقت الأداء لابقصد الإستدراك كمن صلى فى الوقت صلاة صحيحة ثم اراد فعلها خارجه فى جماعة فإنها لاتسمى قضاء ولا اعادة لأن شرط المعادة ان تكون فى وقت الاداء فهى باطلة.
 
Halal-bihalal dan Toleransi Beragama
Ditulis oleh Rizqon Khamami   
Idul Fitri memiliki arti kembali kepada kesucian, atau kembali ke asal kejadian. Idul Fitri diambil dari bahasa Arab, yaitu fithrah, berarti suci. Kelahiran seorang manusia, dalam kaca Islam, tidak dibebani dosa apapun. Kelahiran seorang anak, masih dalam pandangan Islam, diibaratkan secarik kertas putih. Kelak, orang tuanya lah yang akan mengarahkan kertas putih itu membentuk dirinya. Dan dalam kenyataannya, perjalanan hidup manusia senantiasa tidak bisa luput dari dosa. Karena itu, perlu upaya mengembalikan kembali pada kondisi sebagaimana asalnya. Itulah makna Idul Fitri.
 
Bolehkan I'tikaf di Rumah Saja
Ditulis oleh Dewan Asatidz   

Assalaualaikum wr wb. Pada bulan Ramahan ini, disunatkan untuk melakukan itikaf, Bolehkah kita melakukan itikaf di rumah, tepatnya di Musolla rumah? Apakah harus di masjid? Amalan apa saja yang harus dilakukan pada saat itikaf? Saya mendengar, katanya ada hadis yang menyatakan bahwa itikaf harus dilakukan di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Selain di tempat itu, namanya bukan itikaf sesuai yang dimaksud pada hadis tsb? Dan satu lagi, apakah benar bahwa malam Lailatul Qadar itu hanya dapat dijumpai pada saat turunnya al-Qur an saja, dan tidak ada lagi untuk masa sekarang? Wassalam Didik

 
I'tikaf bagi Wanita
Ditulis oleh Dewan Asatidz   

Pertanyaan:
Assalamualaikum wr. wb.
Pertanyaan saya:

  1. apa hukumnya itikaf bagi wanita
  2. bagaimanakah cara melaksanakannya dan kapan
  3. Apakan harus seharian berad dimasjid?
  4. Apabila sedang berhalangan di 10 hari terakhir ramadhan amalan apa yang dapat dilakukan agar kita tetap mendapat pahala ramadhan.
 
I'tikaf
Ditulis oleh Dewan Asatidz   

I'tikaf dalam pengertian bahasa berarti berdiam diri yakni tetap di atas sesuatu. Sedangkan dalam pengertian syari'ah agama, I'tikaf berarti berdiam diri di masjid sebagai ibadah yang disunahkan untuk dikerjakan di setiap waktu dan diutamakan pada bulan suci Ramadhan, dan lebih dikhususkan sepuluh hari terakhir untuk mengharapkan datangnya Lailatul Qadr.

 

 
Nuzulul Qur'an dan Lailatul Qodar
Ditulis oleh Dewan Asatidz   
 
«MulaiSebelumnya1234567BerikutnyaAkhir»

 


 

Sumbangkan Donasi

Alamat Donasi:
Bank Syariah Mandiri KCP Jepara
a/n: Kamilia Hamidah
(anggota Dewan Asatidz)
No Rek.:  7063550374

Catatan:
Donasi mohon dikonfirmasikan ke email donasi@pesantrenvirtual.com