Konsultasi Ustadz. Silahkan Salam, perkenalkan diri (nama, umur, lokasi) dan sampaikan pertanyaan singkat padat.

Ust. M. Niam

Whatsapp: +998903559836
Ustdzh Kamilia
Ust. Arif Hidayat

Kirim Artikel

Kami menerima kiriman tulisan untuk melengkapi referensi Islam yang termuat di website ini.
Silahkan kirim ke redaksi

Doa pada orang tua Cetak E-mail
Ditulis oleh Dewan Asatidz   
Tanya:

Sampai seberapa jauh doa seorang anak berpengaruh terhadap keadaan orang tua yang telah meninggal.Orang tua disini adalah orang tua muslim tapi ibadah shalat masih bolong-bolong.

Inawan Pamungkas - Jakarta

Jawab:

Dalam sebuah hadist Malik bin Rabi'ah berkata: "Suatu hari aku duduk bersama Rasulullah, lalu datanglah seorang lelaki dari bani Salamah bertanya: "Wahai Rasulullah, masih adakah kebaikan yang bisa aku lakukan untuk kedua orang tuaku yang telah meninggal? Rasulullah menjawab: "Ya, bersalat (berdo'a) untuk keduanya, memintakan ampunan kepada Allah untuk keduanya, memenuhi janji-janjinya, menyambung silaturrahmi sanak familinya dan menghormati sahabat-sahabatnya". (H.R. Abu Daud).

Dan termasuk yang berguna untuk orang tua yang sudah meninggal adalah bersedekah untuk keduanya, mengirimkan pahala bacaan al-Qur'an kepadanya, dll.

Mengenai terkabul-tidaknya sebuah do'a kita kembalikan saja kepada Allah. Allah Maha Tahu dan lebih tahu bahwa sesuatu yang kita panjatkan itu baik untuk kita dan orang yang kita doakan. Jadi, jika merasa suatu doa itu belum terkabul, maka jangan lantas malas berdoa, atau bahkan menuntut Allah (kenapa tak dikabulkan?). Karena bisa jadi kita saat berdoa belum mampu melepaskan egoisme kita sebagai hamba, kita tidak tahu sesungguhnya apakah sesuatu yang kita minta itu benar-benar maslahat bagi kita atau tidak. Barangkali lebih maslahat bila yang kita minta itu tidak terkabul dalam waktu dekat ini, atau bahkan selama kita hidup di dunia, karenanya saat kita berdoa, apa yang kita mohon kita pasrahkan kepada Allah apa yang terbaik bagi kita. Ini dalam hal memanjatkan sesuatu bagi kita sendiri.

Demikian juga mendoakan kebaikan bagi orang lain, termasuk orangtua kita sendiri, dlm hal kepasrahan ini, tidak ada bedanya. Yang penting kita mendoakan sesuatu yang baik, spt agar dosa-dosa orang tua kita diampuni, dilimpahkan kasih sayang kepadanya, dan semacamnya, bersamaan kita pasrah mengenai hasilnya, kita yakin bahwa Allah Maha Mendengar dan Mengabulkan. Jika kita tulus mendoakan, sebagaimana janji Allah, Allah pasti mengabulkan.

"Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang mendoa apabila ia berdoa kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah)-Ku dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran." (QS. 2:186)


Muhammad Niam & Arif Hidayat
 
 
Surah:. Al A'raf (7)
Ayat: 70
 Listen to this ayat (verse)  قَالُواْ أَجِئْتَنَا لِنَعْبُدَ اللّهَ وَحْدَهُ وَنَذَرَ مَا كَانَ يَعْبُدُ آبَاؤُنَا فَأْتِنَا بِمَا تَعِدُنَا إِن كُنتَ مِنَ الصَّادِقِينَ
7.70. Mereka berkata: "Apakah kamu datang kepada kami, agar kami hanya menyembah Allah saja dan meninggalkan apa yang biasa disembah oleh bapak-bapak kami? maka datangkanlah azab yang kamu ancamkan kepada kami jika kamu termasuk orang-orang yang benar."
[ Al A'raf : 70 ]

Sumbangkan Donasi

Alamat Donasi:
Bank Syariah Mandiri KCP Jepara
a/n: Kamilia Hamidah
(anggota Dewan Asatidz)
No Rek.:  7063550374

Catatan:
Donasi mohon dikonfirmasikan ke email donasi@pesantrenvirtual.com