Konsultasi Ustadz. Silahkan Salam, perkenalkan diri (nama, umur, lokasi) dan sampaikan pertanyaan singkat padat.

Ust. M. Niam

Whatsapp: +998903559836
Ustdzh Kamilia
Ust. Arif Hidayat

Kirim Artikel

Kami menerima kiriman tulisan untuk melengkapi referensi Islam yang termuat di website ini.
Silahkan kirim ke redaksi

Hukum Orang Berpuasa tapi Tidak Sholat ?
Ditulis oleh Dewan Asatidz   
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuhu


Ustad, saya mau menanyakan bagaimanakah hukum orang yang mengerjakan puasa tapi tidak mau meng erjakan sholat ? Apakah puasanya sah & apakah diterima amal puasanya ? sedangkan sabda Rasulullah pembeda antara muslim dan kafir adalah sholat , jika ia tidak mengerjakan sholat apakah dia tidak keluar dari islamnya ? Apakah bisa ia dikatakan termasuk ... banyak orang yg berpuasa hanya mendapat lapar dan dahaga ? Jazakumullah atas jawabannya


Abdul Majid

Pertanyaan yang sama pernah terlontar pada pada Desember 2000. Untuk tema yang bersangkutan, Saudara bisa menengok Tanya Jawab(63) di website kami, mengenai "prinsip kedirian ibadah".


***

Semua orang Islam (yang telah mengikrarkan syahadat) tentu dituntut untuk melaksanakan semua rukun yang lain: salat, zakat, puasa, dan haji. Menyangkut permasalahan orang yang meninggalkan salah satu rukun itu dengan sengaja, pendapat ulama berbeda-beda. Ada yang mengatakan "barang siapa meninggalkan salah satu dari rukun itu maka ia kafir." Ada lagi yang bilang "bagi yang meninggalkan salat dan tidak mau membayar zakat saja yang kafir." Yang lain lagi bilang "hanya orang yang sengaja meninggalkan salat itulah yang kafir."

Semua pendapat di atas, tentu tidak tersisa lagi dalam anggapannya bahwa orang yang meninggalkan salat dengan sengaja akan diterima puasanya. Karena orang kafir itu semua amalnya ditolak. Maka puasanya pun tidak diterima. Ada pendapat lain lagi yang mengatakan sekedar fasik, selama dia tidak mengingkari bahwa salat itu wajib adanya. Hanya saja karena kemalasannya, belum terbiasa, atau belum bisa, sehingga ia tidak melakukan salat. Orang seperti ini mempunyai secercah keimanan dalam kalbunya, namun karena masih sangat lemah, perlu terus disirami, dirawat, dan dirabuk. Ia berdosa besar, karena meninggalkan sesuatu yang diyakininya wajib. Dan sesungguhnya Allah tidak menyia-nyiakan amal seseorang, amal apa saja, selama itu dilakukannya dengan ikhlas.

 Arif Hidayat

 
 


 

Sumbangkan Donasi

Alamat Donasi:
Bank Syariah Mandiri KCP Jepara
a/n: Kamilia Hamidah
(anggota Dewan Asatidz)
No Rek.:  7063550374

Catatan:
Donasi mohon dikonfirmasikan ke email donasi@pesantrenvirtual.com