Konsultasi Ustadz. Silahkan Salam, perkenalkan diri (nama, umur, lokasi) dan sampaikan pertanyaan singkat padat.

Ust. M. Niam

Whatsapp: +998903559836
Ustdzh Kamilia
Ust. Arif Hidayat

Kirim Artikel

Kami menerima kiriman tulisan untuk melengkapi referensi Islam yang termuat di website ini.
Silahkan kirim ke redaksi

Hewan Apa yang lebih utama untuk Qurban Cetak E-mail
Ditulis oleh Dewan Asatidz   

Terima kasih pak Ustadz atas informasinya.

Saya juga mau tanya nih.... selama ini saya ikut berqurban dengan mengikuti kelompok qurban sapi dengan membayar 1/7 dari harga sapi + ongkos penyembelihannya.

Kemudian beberapa waktu lalu sy dikomentari oleh teman yang setiap tahun selalu berqurban dengan menyembelih satu ekor kambing. Menurut dia kelak yang m

enjadi tunggangan kita adalah hewan yang kita qurbankan itu, sedangkan kalau kita qurban sapi hanya 1/7 bagian, apa kita akan naik sapi itu di 1/7 dari bagian tubuh sapi. Menurut dia yg bagus ya 1 ekor kambing saja. Padahal kalau dilihat dari harganya, harga kambing di tempat kami malah kemungkinan bisa lebih murah dari pada harga yg harus dibayarkan untuk 1/7 sapi. 

Untuk tahun ini saya juga sudah mendaftar untuk berqurban dengan membayar 1/7 bagian sapi. Saya kok jadi ragu-ragu setelah mendengar omongan teman saya tadi. Saya mohon pencerahan dari pak Ustadz mengenai masalah ini.... Bagaimana hukumnya dan sebaiknya apa yang saya lakukan?

Kami mohon bisa segera dijawab ya pak Ustadz, untuk menjawab kebimbangan saya ini. Sebelumnya terima kasih atas jawaban yang akan disampaikan.

Upik Susilastuti

Assalamu’alaikum w.w.
Menurut Imam Syafii dan Ahmad bin Hanbal urutan keutamaan qurban adalah sebagai berikut: onta, sapi, domba dan terakhir kambing. Alasannya adalah urutan keutamaan dilihat dari banyaknya daging sehingga lebih banyak dirasakan oleh fakir miskin. Itu juga sesuai hadist Rasulullah bersabda “Barangsiapa mandi hari Jumat seperti mandi jinabat lalu segera pergi ke masjid maka seakan dia bersedekah onta, barangsiapa pergi pada waktu kedua maka seakan dia bersedekah sapi, barangsiapa pergi pada waktu ketiga maka seakan dia bersedekah domba yang bertanduk” [h.r. Jamaah]. Hadist tersebut menyebutkan keutamaan pahala sholat Jumat dengan perumpamaan jenis hewan, maka pada ibadah qurban juga demikian.

Imam Malik mengatakan yang utama kambing, lalu sapi lalu onta dengan alasan dagingnya paling bagus dan Rasulullah saw juga berqurban dengan dua ekor kambing domba, begitu juga Allah mengganti nabi Ismail dengan domba.

Apa yang dilakukan Ibu, adalah lebih utama sesuai pendapat Imam Syafii.

Wassalam
M. Niam

 
 

Sumbangkan Donasi

Alamat Donasi:
Bank Syariah Mandiri KCP Jepara
a/n: Kamilia Hamidah
(anggota Dewan Asatidz)
No Rek.:  7063550374

Catatan:
Donasi mohon dikonfirmasikan ke email donasi@pesantrenvirtual.com