Konsultasi Ustadz. Silahkan Salam, perkenalkan diri (nama, umur, lokasi) dan sampaikan pertanyaan singkat padat.

Ust. M. Niam

Whatsapp: +998903559836
Ustdzh Kamilia
Ust. Arif Hidayat

Kirim Artikel

Kami menerima kiriman tulisan untuk melengkapi referensi Islam yang termuat di website ini.
Silahkan kirim ke redaksi

Salam Terhadap Non Muslim Cetak E-mail
Ditulis oleh Dewan Asatidz   
Pertanyaan:

Assalamualaikum wr. wb.

Ustadz,
Saya dulu suka mengucapkan salam seperti selamat pagi kepada teman-teman saya yang non muslim. Kemudian saya membaca hadits yang mengatakan tidak boleh mengucapkan salam kepada non muslim.

Di kantor, saya sekarang tidak pernah lagi mengucapkan selamat pagi dsb kecuali kalau di ruangan hanya terdapat saudara seiman saya ucapkan "Assalamu'alaikum".

Saya sendiri masih belum jelas, apakah larangan mengucapkan salam itu termasuk semua jenis salam seperti selamat pagi-siang-malam atau hanya larangan mengucapkan Assalamu'alaikum pada non muslim. Mohon diberikan penjelasannya Ustadz.


Wassalamualiikum Wr. Wb.

Bambang


Jawaban:

Assalamu'alaikum wr. wb.

Masalah ini telah dibahas dalam literatur-literatur fiqih. Hadist yang menerangkan masalah ini adalah riwayat Bukhari, Rasulullah s.a.w. mengatakan "Kalau ahli kitab mengucapkan "Assalamualaikum" kepadamu maka jawablah "wa'alikum". Dalam hadist riwayat Muslim dikatakan "Jangan kalian memulai mengucapkan salam kepada Yahudi dan Nasrani.

Para ulama berbeda pendapat, mayoritas mengatakan dilarang mendahului salam. Ada pendapat yang memperbolehkan tapi cukup dengan "assalamu alaikum" tidak dengan "warahmatullahi wabarakatuh". Nawawi dalam kitab Azkar mengatakan, jikalau ingin mengucapkan salam kepada non muslim, gunakanlah dengan ucapan selamat selain salam, misalkan dengan selamat pagi, siang dan seterusnya.

Pendapat lain mengatakan, sebenarnya masalah ini tergantung kepada maslahat dan kondisi masyarakat yang ada. Bila ucapan selamat kita menjadikan mereka simpatik dan menghormati kita dan agama islam, tentu tidak ada salahnya memulai ucapan selamat, dibandingkan dengan tidak mengucapkannya yang justru menambah kebencian mereka dan menghilangkan simpati kepada agama Islam. Agama Islam adalah agama yang mudah dan diturunkan sebagai rahmah bagi alam semesta ini.


Wassalam

Muhammad Niam


 
 

Sumbangkan Donasi

Alamat Donasi:
Bank Syariah Mandiri KCP Jepara
a/n: Kamilia Hamidah
(anggota Dewan Asatidz)
No Rek.:  7063550374

Catatan:
Donasi mohon dikonfirmasikan ke email donasi@pesantrenvirtual.com