Larangan Sujud Seperti Onta

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Pengasuh Yth, Saya ingin tahu cara gerakan shalat yang benar dan salah satunya mengenai larangan Rasulullah SAW untuk tidak bersujud seperti unta. Bagaimana sebenarnya gerakan unta sujud itu dan bagaimana cara sujud yang benar ?. Mohon tanggapan dan sebelumnya kami sampaikan terima kasih.

Yarli

——-
Jawab
——

Assalamu’alaikum wr. wb.
Hadist tersebut diriwayatkan oleh Abu Hurairah dan lain-lainnya telah menimbulkan perdebatan panjang di antara para ulama. Mazhab Maliki dan para ulama hadist berpegang pada hadist tersebut dan mengatakan bahwa dalam bersujud disunnahkan untuk meletakkan tangan di lantai sebelum kedua lutut. Hadist ini diperkuat dengan berbagai riwayat.

Secara logis riwayat ini memang membingungkan, karena onta sendiri kalau duduk juga mendulukan lututnya, namun ada yang berpendapat bahwa lutut onta ada di kaki depan. hadist ini diriwayatkan Abu Dawud dan Nasa’i. Pendapat kedua, pendapat Syafi’i dan Hanafi dan mayoritas ulama mengatakan, dalam sujud mendahulukan lutut sebelum tangan dengan berlandaskan kepada hadist riwayat Wail bin Hujr mengatakan ‘Aku melihat Rasulullah shalat mendahulan lutut sebelum tangan dalam bersujud". (H.R. ABu Dawud Tirmizi Nasai).

Menurut Imam Nawawi dalam kitab Majmu’, kedua pendapat dalam masalah ini sama-sama kuat, karena sama-sama mempunyai dalil yang kuat.

Wassalam

Muhammad Niam