Malaikat Penjaga Kita

Pertanyaan:

Assalamu`alaikum wr. wb.

Melalui kesempatan ini saya mau bertanya kepada Pak Kiyai. Saya pernah mendengar kalau saban hari ada malaikat yang berjaga, dan setiap harinya berganti. Benarkah? Mohon jawaban Pak Kiyai, siapa nama-nama malaikat tsb, dan hari apa mereka jaganya.

Demikian, terima kasih.

Subki S

Jawaban:

Assalamu`alaikum wr. wb.

Mungkin yang bapak maksud adalah malaikat yang diterangkan oleh Nabi Muhammad saw berikut ini:

Dari Abu Harayrah ra., bahwa Rasulullأ¢h saw berkata: Silih berganti di antara kalian semua para malaikat di malam hari dan para malaikat di siang hari, dan mereka kumpul pada shalat Fajar [Shubuh] dan shalat 'Ashar, kemudian para malaikat yang bermalam bersama kalian naik, kemudian Dia [Allأ¢h] bertanya kepada mereka -dan Allأ¢h lebih mengetaui tentang mereka-: "Bagaimana kalian meninggalkan para hamba-hambaku?" Maka mereka para malaikat itu menjawab: "Kami tinggalkan mereka dalam keadaan shalat, dan kami datang kepada mereka dalam keadaan shalat". [HR. Bukhأ¢ry-Muslim, An-Nasأ¢iy, Ahmad dan lain-lainnya].

Sesuai dengan hadits ini, para malaikat itu terbagi dalam dua, malaikat malam dan malaikan siang, yang bergantian turun ke bumi. Mereka berkumpul pada saat shalat Shubuh dan shalat 'Ashar. Oleh karena itu, maayoritas ulama berpendapat bahwa jamaah shalat di masjid paling utama adalah jamaah shalat Shubuh dan shalat 'Ashar, karena dihadiri oleh para malaikat, yang setiap harinya "lapor" kepada Allأ¢h swt.

Tidak ada keterangan mengenai nama-nama mereka.

Wallahu a`lam. Semoga membantu.

Wassalamu'alaikum wr. wb.

Abdul Ghofur Maimoen