Menyiram Air dan Menabur Bunga di atas Kubur

Tanya:

Bapak Ustad & Ibu Ustadzah yang terhormat, Apa tujuannya menyiram dan menaburkan bunga waktu ziarah kubur? Apa dalilnya?

Terima Kasih.

Salmi Sarkis – Padang

Jawab:

Sdr. Salmi,
Menyiram air di atas kuburan dan meletakkan daun-daunan yang hijau (segar) hukumnya sunnah, khususnya untuk kuburan yang baru ditimbun. Dalam sebuah riwayat, Rasulullah saw memerciki kuburan puteranya tercinta Ibrahim dengan air dan meletakkan daun-daunan yang segar di atasnya (Riwayat Imam Syafi'i, Nailul Authar : 4/84).

Rumput dan tumbuh-tumbuhan yang ada di atas kuburan, sebaiknya tidak dimusnahkan, karena dalam sebuah hadis disebutkan bahwa Rasulullah meletakkan pelepah kurma segar yang dibelah dua di atas dua buah kuburan lalu berkata "Semoga sang penghuni kubur diringankan dari siksaannya selama pelepah ini belum kering". Meskipun menaburkan bunga di atas kuburan tidak ada dalil yang jelas, namun ada kemiripan dengan tindakan Rasulullah tersebut. Tujuannya mungkin semoga tumbuh-tumbuhan yang segar tersebut selama belum kering bisa mendo'akan penghuni kubur, mengingat apa yang kita yakini bahwa segala sesuatu yang hidup di dunia ini senantiasa melantunkan tasbih kepada Allah swt termasuk tumbuh-tumbuhan yang hijau dan segar.

Muhammad Niam