Pengecatan Rambut dan Malu Karena Uban

Tanya:
Yang ingin saya tanyakan mengenai pengecatan rambut dengan perwarna rambut. Sekarang ini banyak sekali model rambut yang diwarnai oleh berbagai warna. Bagaimana hukumnya menurut islam? karena selama ini yang saya dengar, tidak akan sah ibadah sholat kita kalau memakai zat perwarna tsb. Dan katanya kalau mau sah shalat kita, sebelum mencat rambut kita harus berwudlu dulu. Tolong diberi penjelasan mengenai hal ini.

Pertanyaan yang kedua, bagaimana dengan orang yang masih muda dan beruban. Tentu ini sangat mengganggu penampilan, dan satu-satunya cara yaitu mengecat rambutnya dengan perwarna rambut. Bagaimana pula mengenai hal ini dalam islam?

Terima kasih atas bantuan dan perhatiannya.

Evi Susanti
evi@l…

Jawab:
Yang Anda maksud dengan pengecatan rambut itu mestinya hanya sebatas menyemir atau mewarnai rambut, bukan? Dan semir atau zat pewarna rambut itu kan sifatnya hanya mewarnai saja. Tidak sama halnya dengan cat kuku (yg tebal) yang tidak tembus air. Sehingga dengan demikian, tidak mengganggu meresapnya air ke rambut itu sendiri. Jadi ndak ada masalah.

Adapun, bagaimana hukumnya orang yang masih muda kok sudah ubanan, lantas ingin menyemir rambutnya? Setahu saya, nggak ada dalil (pasti) yang mengharamkan mewarnai/menyemir rambut. Jadi itu boleh-boleh saja.

Dewan Asaatiz PV