Rahasia Susunan Ayat al-Qur'an

Pertanyaan:

Assalamualaikum wr. wb.

Saya ingin bertanya mengenai:

Pertanyaan pertama:

Mengapa sih Al Qur'an itu susunan suratnya dimulai dari Al Fatihah dan diakhiri dengan surat An Naas. Padahal seperti kita ketahui bahwa Al Qur'an diturunkan dengan diawali oleh surat Al Alaq dan ditutup oleh surat Al Maidah sebagai ayat terakhir. Saya sudah mencoba menanyakan hal ini kepada beberapa orang tapi belum mendapatkan jawaban yang pas. Karena saya yakin bahwa Al Qur'an sebagai mukjizat tentu memiliki tujuan dalam penyusunan seperti sekarang ini.

Pertanyaan kedua:

Berkaitan dengan pertanyaan di atas saya merasa tertarik untuk mengetahui susunan ayat-ayat Al Qur'an berdasarkan urutan waktu penurunannya. Maksudnya, bisakah anda bantu saya untuk mendapatkan urutan ayat-ayat Al Qur'an dimulai dari ayat pertama turun sampai ayat terakhir turun berdasarkan urutan waktu?

Yudi Suryadikusumah

Jawaban:

Assalamu'alaikum wr. wb.

Susunan ayat al-Qur'an adalah tauqifiyah (ketentuan dari Allah). Hal ini adalah ijma' para ulama. Itu artinya mukjizat (yang tidak bisa dilakukan oleh manusia), bahkan Nabi sendiri tidak berhak merubahnya. Itulah juga jawaban yang paling tepat, karena kalau dipaksa-paksakan untuk melogikannya, tidak akan ada jawaban yang memuaskan. Tentu ada tujuan, namun hanya Allah yang tahu tujuannya. Manusia hanya bisa meraba-raba dengan kemampuan analisisnya.

Sedangkan susunan surat al-Qur'an, ulama berbeda pendapat: ada yang mengatakan itu dari Rasulullah. Pendapat kedua mengatakan itu dari ijtihad sahabat. Ini terbukti dari perbedaan susunan surat pada mushaf-mushaf sahabat.

Literatur yang membahas susunan ayat al-Qur'an secara kronologis penurunannya, yang dikenal sejarah Islam adalah mushaf Ali dan Mushaf Ubay bin Ka'b. Namun kami tidak mengetahui apakah kedua mushaf tersebut masih ada, karena setelah kodifikasi al-Qur'an yang yang dilakukan pada era Utsman, semua mushaf yang selain mushaf Ustman dimusnahkan.

Literatur yang membahas rahasia susunan surah al-Qur'an yang kami ketahui adalah:Asraru Tartibil Qur'an (Rahasia-rahasia Urutan al-Qur'an), karangan Imam Suyuthi, sebesar 1 jilid. Untuk susunan al-Qur'an berdasarkan urutan kronologis, Anda bisa membacanya pada literatur Asbab an Nuzul Qur'an yang saat ini kami lihat sudah banyak dipublikasikan terjemahannya (juga ringkasannya).

Demikian semoga membantu.

Wassalam

Muhammad Niam

(Editor ARW)