Sikap Sujud dan Mimpi Vulgar

Pertanyaan:

Assalamualaikum wr. wb.

Pengasuh PV yang berbahagia, saya ingin mengajukan beberapa pertanyaan:

1. Saya pernah dengar bahwa ada salah satu hadist Rasullulah yang garis besarnya mengatakan bahwa, janganlah kamu bersujud seperti sujudnya unta, yaitu lutut duluan daripada tangan. Ini bagaimana Pak Uztad? Rasanya susah sekali kalau bersujud dengan tangan duluan.

2. Jika kita sedang berpuasa, kemudian pada saat kita tidur (dalam hal ini tidur siang) kita bermimpi didekati seorang laki-laki (dicium, dicumbu dsb), apakah ini akan membatalkan puasa kita?

Atas perhatian pengasuh semua saya ucapkan terima kasih.

Wassalamualiikum Wr. Wb.

Eni Setiawati

Jawaban:

Assalamu'alaikum wr. wb.

1. Hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah dan lain-lainnya telah menimbulkan perdebatan panjang di antara para ulama. Mazhab Maliki dan para ulama hadis memakai hadis tersebut dan mengatakan bahwa dalam bersujud disunnahkan untuk meletakkan tangan di lantai sebelum kedua lutut. Hadis ini diperkuat dengan berbagai riwayat. Secara logis hadis dengan riwayat ini memang membingungkan, karena unta sendiri kalau hendak duduk juga mendahulukan lututnya, namun ada yang berpendapat bahwa lutut unta ada di kaki depannya. Hadis ini diriwaayatkan oleh Abu Dawud dan Nasa'i. Pendapat Syafi'i dan Hanafi dan sebagian besar ulama mengatakan, dalam sujud mendahulukan lutut sebelum tangan dengan berlandaskan kepada hadis riwayat Wail bin Hujr mengatakan "Aku melihat Rasulullah salat mendahukan lutut sebelum tangan dalam bersujud". (H.R. ABu Dawud Tirmizi Nasai). Menurut Imam Nawawi dalam kitab Majmu', kedua pendapat dalam masalah ini sama-sama kuat, karena sama-sama mempunyai hadis yang kuat.

2. Bermimpi, meskipun hingga mengeluarkan cairan tidak membatalkan puasa, karena ini diluar kesengajaan manusia.

Wassalam

Muhammad Niam