Hari Baik

Tanya:

Assalamualaikum Wr. Wb.

Saya mau tanya mengenai hari baik. Adakah dasarnya dalam Islam (al-Quran atau sunnah Nabi) mengenai hari baik.

Soalnya dalam waktu dekat ini kami sekeluarga ingin pindah rumah dan menurut orang tua kami harus dicarikan hari baiknya dulu sebelum pindah. Bagaimana ini?

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Andy Priyantoko

Jawab:

Tentang hari baik yang sepertinya sudah menjadi kepercayaan, baik yang berkenaan dengan memulai usaha, pindah rumah, melaksanakan pernikahan dan sebagainya, semua itu hanyalah tradisi yang kita warisi secara turun-temurun. Meskipun demikian, selama tidak bertentangan dengan akidah, tidak ada salahnya kalau kita menerimanya.

Dan mengenai hari baik tersebut, secara pasti saya tidak menemukan dasarnya, baik al-Qur'an maupun hadis. Memang pernah diriwayatkan oleh sebagian ulama, tapi hanya berkaitan dengan hari apa sebaiknya apabila kita ingin bepergian.

Yang jelas setiap perbuatan atau apasaja yang tidak pernah disinggung oleh al-Qur'an dan hadis, selama tidak bertentangan dengan aqidah dan akhlak seorang muslim hukumnya mubah (boleh), meskipun sebagian ulama juga ada yang mengatakan bahwa itu bid'ah. Dan boleh kita menerimanya asal tidak menyakini semua itu adalah perintah agama. Wallahua'lam bisshawaab.

Wassalamualaikum Wr. Wb.
Zulfakar Ali Muhammad