Salat Tahajud

Tanya:

Saya ingin tanya tentang macam-macam salat malam, soalnya yang saya tahu selama ini hanya salat tahajud. Selain itu saya juga mau tanya tentang berapa rokaat salat malam tersebut serta bagaimana tata caranya.

Thanks.

Edy Priono

Jawab:

Sdr Edy,
Perlu diketahui, salat tahajud itu artinya salat malam. Tahajud aslinya bahasa Arab "tahajjud", dari kata dasar "hajada" yang berarti "tidur" dan juga berarti "salat di malam hari". Orang yang melakukan salat malam disebut "haajid". Jadi bertahajud artinya melakukan salat sunat di malam hari, setelah tidur. Semua salat sunat yang dikerjakan di malam hari setelah tidur, dengan demikian, disebut salat tahajud atau salat malam (shalatullail).

Jenisnya macam-macam. Ada salat hajat, salat witir, salat tasbih, dan sunat mutlak.

Dalam melakukan tahajud disunatkan memulainya dengan salat sunat dua rekaat yang ringan (tidak panjang). Kata Nabi saw: "Jika salah sati di antara kalian melakukan salat malam, hendaknya memulainya dengan dua rekaat yang ringan".[Riwayat Muslim, Abu Daud, dan Ahmad].

Setelah itu silahkan melakukan salat sepuasnya, sekuatnya. Boleh berupa salat hajat (salat hajat ini boleh juga dilakukan di siang hari), salat tasbih, atau salat sunat mutlak (sunat mutlak ini maksudnya asal salat saja dua rekaat, niatnya salat sunat). Semua salat dilakukan dua rekaat-dua rekaat. Kecuali salat witir yang boleh disambung menjadi 3 rekaat, disertai tahiyat awal pada rekaat kedua (sebelum berdiri menuju rekaat ketiga).

Salat tahajud hendaknya diakhiri dengan salat witir. Jadi urutannya, witir dilaksanakan paling akhir, sekiranya setelah itu tidak melakukan salat lagi.

Demikian semoga jelas. Untuk lebih lengkapnya, silahkan tengok "Fikih Keseharian"-nya KH Mustofa Bisri mengenai tata cara salat hajat dan tahajud, seri 42 dan 44, di website PV.


Arif Hidayat