[an error occurred while processing this directive] Diupdate terakhir: 07 Februari 2002
   Pesantren Virtual -> Tanya Jawab -> Sholat Arbain di Masjid Nabawi

Sholat Arbain di Masjid Nabawi
Seri ke-260, Jum'at, 01 Februari 2002


Pertanyaan:

Assalamu'alaikum wr. wb.

Alhamdulillah, dengan adanya Pesantren Virtual ini pengetahuan saya mengenai Islam semakin bertambah, walaupun saya jauh dari tanah air.

Bulan Ramadhan yg lalu saya & suami melaksanakan umrah. Insya Allah kalau ada kesempatan, kami berencana akan berangkat lagi Ramadhan tahun ini. Tapi mertua saya menganjurkan utk sekalian mengambil Arbain. Yang ingin saya tanyakan adalah utk pelaksanaan Arbain, apakah ada dalil hukumnya? Dan kapankah waktu yg paling tepat utk melaksanakannya?

Sekian dulu pertanyaan saya, terima kasih sebelumnya.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Natasha Idris,
USA


Jawaban:

Assalamu'alaikum wr. wb.

Dalam sebuah hadits riwayat Bukhari Muslim dikatakan "Shalat di masjidku (Masjid Nabawi) ini lebih utama dari seribu shalat di masjid lainnya". Ini menunjukkan keutamaan yang luar biasa bagi shalat di Masjid Nabawi.

Dalam riwayat Anas bin Malik Rasulullah bersabda "Barangsiapa shalat di masjidku empat puluh kali sholat (arbain) dengan tanpa ketinggalan satu sholat pun, maka ditulis baginya selamat dari api neraka dan keselamatan di hari kiamat" (H.R. Tabrani). Hadits ini yang dijadikan landasan bagi mereka yang melakukan sholat arbain (empat puluh kali sholat) di masjid Nabawi.

Waktunya kapan saja, jamaah haji umumnya singgah di kota Madinah selama delapan agar bisa melaksanakan shalat Arbain ini.


Wassalam

Muhammad Niam


[]
Ikuti juga tanya jawab ini melalui email anda, tanpa susah-susah lagi membuka web site ini. Caranya! Masukkan email anda di text-box, lalu klik tombol berikut.
Email anda: [an error occurred while processing this directive]
  Halaman Yang Berhubungan
Tanya Jawab Terbaru
Tanya Jawab Sebelumnya(259)
Tanya Jawab Sesudahnya(261)
[an error occurred while processing this directive]