Diupdate terakhir: 16 November 2002
   Pesantren Virtual -> Tanya Jawab -> Apa Hukumnya Makan di Waktu Imsak?

Apa Hukumnya Makan di Waktu Imsak?
Seri ke-335, Kamis, 7 November 2002


Pertanyaan:

Assalamu'alaikum wr. wb.

Saya ingin bertanya jika seseorang hamba Allah itu terlambat bangun untuk bersahur dan termakan pada waktu imsak tetapi sebelum masuknya azan Subuh, apakah hukumnya puasa hamba itu?

Sekian, terima kasih.

Wasalam


Nor Azam


Jawaban:

Assalamu'alaikum War. Wab.

Awal atau permulaan puasa adalah saat terbitnya fajar shadiq (saat Shubuh). Seperti firman Allah "Dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar". (QS. Al-Baqarah 178).

Adapun pemberitahuan imsak yang biasa dikumandangkan beberapa menit menjelang saat Shubuh itu hanya peringatan agar kita segera mengakhiri aktifitas apa saja yang membatalkan puasa (makan-minum, bersetubuh, dll).

Pemberitahuan imsak ini memang sangat diperlukan karena akan sangat sulit bagi kita untuk berhenti dari makan misalnya seketika saat mendengar adzan Shubuh.

Jadi misal saja jarak antara imsak dan adzan Shubuh itu sekitar 10 menit, padahal nasi di piring tinggal 2 cendok, tak apa-apa habiskan saja 2 cendok itu lantas segera minum dan membersihkan mulut dari sisa-sisa makanan. Karena waktu 10 menit itu cukup untuk menghabiskan 2 sendok, minum dan membersihkan mulut.

Wassalam

Arif Hidayat


[]
Ikuti juga tanya jawab ini melalui email Anda, tanpa susah-susah lagi membuka web site ini. Caranya! Masukkan email Anda di text-box, lalu klik tombol berikut.
Email Anda:
  Halaman Yang Berhubungan
Tanya Jawab Terbaru
Tanya Jawab Sebelumnya(334)
Tanya Jawab Sesudahnya(336)