Vicks membatalkan puasa?

Assalamualaikum Wr.Wb

Saya mau menanyakan apakah kalau kita menghirup sesuatu selama bulan puasa ini misalnya kalau lagi Flu menghirup Vicks untuk melegakan pernapasan, boleh atau tidak?. Satu lagi, boleh/tidak gunting kuku/rambut selama bulan ramadhan ini. Terimakasih.

Wassalamualaikum Wr. WB

Piepiet
Jaktim
Jawab:

Diantara yang bisa membatalkan puasa adalah memasukkan sesuatu (baik berupa makanan-minuman, atau tidak) ke dalam perut dengan sengaja, meskipun hanya sedikit, melalui hidung. Bau-bau yang menyegarkan seperti bau masakan, tepung yang halus, debu, dll, yang dihirup secara sengaja dan berlebihan, akan membatalkan puasa. Vicks yang Anda maksud itu juga masuk dalam kategori ini. Adapun dalam keadaan kesulitan menghindarinya seperti debu di jalanan atau bau masakan yang tidak memungkinkan menghindarinya, maka tidak membatalkan puasa, atau tidak sengaja melakukannya dan terpaksa, maka tidak membatalkan puasa.

Selanjutnya, tentang gunting kuku dan cukur rambut pada saat berpuasa, boleh-boleh saja dilakukan selama tidak ada larangan melakukannya seperti dalam keadaan haid dll.

Mutamakkin Billa